MACAM-MACAM TES

BENTUK-BENTUK TES

 

1.SKALA INDIVIDUAL

 

1)      Wechsler Scale

Skala intelejensi Wechsler merupakan penyenggalaraan tes individual dengan format yang sesuai untuk umur yang berbeda.

a)      Skala Verbal

Didesain oleh Wechsler untuk mengukur kemampuan yang di tes untuk bekerja dengan simbol abstrak, skala ini meliputi enam bidang yaitu :

(1)   Tes informasi menekankan pada perolehan ilmu pengetahuan dan informasi dalam pengalaman pendidikan.

(2)   Urutan tes digit mengukur memori singkat atau jangka pendek. Tugasnya adalah mengulang digit kebelakang atau kedepan.

(3)   Subtes aritmatika memutuskan pada soal yang memerlukan kemampuan matematika dasar seperti penambahan,pengurangi,perkalian dan pembagian dan kemampuan untuk menggunakan keahlian ini.

(4)   Subtes pemahaman memusatkan pada kemampuan individu untuk membuat keputusan sosial dan keperluan informasi serta pengetahuan tentang moral , kebiasaan sosial dan reguasi.

(5)   Tes persamaan mengukur kemampuan mempertimbangkan dan berfikir secara konseptual dengan meminta alasan yang induktif individu dengan skor tinggi berarti memilikiformat konsep dan keahlian verbal yang baik.

(6)   Tes kosakata (mengukur pengetahuan kata umumdan perkembangan bahasa) berisi kata-kata dan mudah sampai sulit dan konkret sampai keabstrak.

b)      Skala perbuatan/performance

Meliputi jumlah subtes melengkapi gambar,menyusun gambar, mendesain balok,merakit objek, memberi kode dan mazes

(1)   Tes melengkapi gambar mengukur ketajaman visual jangka pendek dan ketajaman memorisebaik ketajaman visual.

(2)   Tes pengusunan gambar mengharuskan peserta menyusun/mengurutkangambar yang dikacaukan agar dapat menjadi suatu cerita dengan memerlukan deretan visualsementara kepedulian sosial, kemampuan merencanakan dan penalaran nonverbal.

(3)   Tes mendesain balok  menghendaki peserta tes untuk mengatur seperangkat desain dengan menggunakan balok berwarna.

(4)   Tes merakit objek merupakan seperangkat permainan puzzel yang mengharuskan testee mampu untuk menggerakkan kemampuan visual secara cepat dan bisa mengkoordinasi disusun kembali.

(5)   Memeberi kode atau digit simbol, tes yang menilai kecepatan dan keakuratan dalam memberi kode simbolyang dipasangkan dengan sejumlah bagian geometrik.

(6)   Tes mazes meminta anak-anak untuk menggambar rute tetap pada masing-masing gambar.

 

2.  TES INTELEJENSI KELOMPOK

 

  1. Tes Army Alpha dan Army Beta

Tes Army Alpha dan Army Beta adalah tes intlejensi kelompok verbal dan nonverbal yang pertama kali digunakan disini mengukur variasi dan susunan sebagaimana tes individu.

  1. The Advance Progresive Matrices disusun oleh J. C. Raven dan merupakan 48 item kelompok tes IQ nonverbal.
  2. The Unuversal Nonverbal Intellegence Test (UNIT) (Braken & Mc Callum, 1998) adalah tes bebas bahasa, yang tidak menginginkan bahasa ekspresi dan penguji atau orang yang menjalani tes.
  3. The Culture Faire Intelligence Test : tes satu seri yang dikembangkan oleh R. B. Catell dan A. K. S. Catell
  4. The Cognitive Abilities Test (Cogat) merupakan deret multilevel yang digunakan untuk anak-anak  dan TK sampai tingkat 12. Tes digunakan untuk mengukur kosakata.
  5. The School and College Ability Test (SCAT) merupakan urutan kelompok tes yang mengukur kemampuan kuantitatif dan verbal dan peringkat 3.5 sampai peringkat 14.
  6. The Otis-Lennon School Ability test (OLSAT) digunakan untuk memprediksi kesuksesan kognitif bidang yang berhubungan dengan sekolah.
  7. The Test The Test Cognitive Skills merupakan sekelompok tes yang  digunakan untuk menilai empat area kemampuan kognitif  siswa dalam peringkat 2 samapai 122 alasan analogi, rangkaian tes, memori dan alasan verbal.
  8. The Primary Test  Cognitive Skills (PTCS) untuk mengukur kemampuan kognitif anak-anak TK dan kelas 1.
  9. Tes Intelegensi Kolektip Indonesia (TIKI) untuk anak SD kelas VI sampai SMP kelas II. Yang diukur yaitu : berhitung angka, gabungan bagian, ekslusi gambar, hubungan kata, membandingkan gambar, lebirin, berhitung huruf, mencari pola,  ekslusi kata dan mencari segitiga.

 

3. TES BAKAT KHUSUS

 

  1. ASVAB

ASVAB menyidiakan tiga skor gabungan akademik

a)      Kemampuan akademik- pengetahuan kata-kata pemahaman paragraf dan penalaran aritmatika.

b)      Verbal- pengetahuan kata-kata,pemahaman paragraf dan sains umum.

c)      Matematika-pengetahuan matematika dan penalaran aritmatika.

 

  1. DIFFERENTIAL APTITUDE TEST BATTERY

Tes ini sebagai alat untuk mengidentifikasi secara dini tentang siswa yang memiliki intelegensi tinggi. DAT mengungkap 8 bakat khusus yang ada dalam diri seseorang.

  1. Berfikir dengan kata-kata
  2. Berfikir dengan bilangan
  3. Berfikir abstrak
  4. Ketelitian dan kecepatan administrasi
  5. Berfikir mekanik
  6. Hubungan ruang
  7. Ejaan
  8. Penggunaan bahasa

 

  1. GENERAL APTITUDATE BATTERY

Merupakan salah satu pengukuran bakat secara luas dalam konseling pekerjaan/karier dan digunakan secara khusus untuk layanan karyawan atau buruh.

  1. CARREER ABILITY PLACEMENT SURVEY (CAPS)

Caps sangat cepat,betere digunakan selama 50 menit untuk mengukur kemampuan pekerjaan pada umumnya dalam 14 kelompok pekerjaan. CAPS memuat 8 tes :

1)      Berfikir mekanik (MR) mengukur pengertian prinsip mekanik

2)      Hubungan ruang (SR) mengukur kemampuan untuk berfikir dan memeragakan dalam tiga dimensi.

3)      Berfikir verbal (VR) mengukur kemampuan alasan dangan kata-kata.

4)      Berfikir bilangan (NA) mengukur kemampuan alasan dan penggunaan angka/bilangan.

5)      Penggunaan bahasa (LU) mengukur pengakuan dan pemakaian struktur kalimat dan tata bahasa yang tepat.

6)      Pengetahuan kata (WK)  menukur pemahaman tentang pengertian dan ketepatan penggunaan kata-kata.

7)      Kecepatan dan ketelitian persepsi (PSA) mengukur keakuratan dan persepsi dengan cepat tentang perincian dalam jumlah kecil.

8)      Kecepatan manual dan ketangkasan (MSD) mengukur keakuratan dan kecepatan gerakan tangan.

 

  1. CAREER ABILITY TEST

Tes kemampuan menilai kinerja maksimum individu dan kemampuannya untk melakukan sebuah pekerjaan dimasa yang akan datang.

 

  1. ADMISSION TEST

Nomor pada tes khusus digunakansebagai salah satu sumber informasi untuk membantu konselor admisi dalam mengambil keputusan.

 

  1. GRAUATE SCHOOL ADMISSIONS TESTS

Ujian masuk telah digunakan di sekolah dan universitas sebagai petunjuk dalam keputusan admisi. Tes pendidikan berisi 200 pertanyaan yang meliputi lima bidang utama :

  1. Tujuan pendidikan- Filosofi, sejarah, psikologi, fisika, emosionalintelektual peraturan pendidikan dalam masyarakat besar.
  2. Supervisi dan penyelenggaraan disekolah- sumber para ahli, psikologi hanya memperhatikan seperti masalah kelompok, mempertimbangkan sosiologi seperti hak guru dan siswa.
  3. Kurikulum- pertimbangan filosofi dan sejarah
  4.  Evaluasi dan penelitian – pada pengertian kesimpulan peneliti.

 

  1. SPECIALIZED BATTERIES

Tes pemahaman mekanik dan hukum fisika dalam situasi praktik. Tes digunakan untuk pelamar kerja dalam posisi pemakaian operasional mesin yang lengkap dan perbaikan.

 

  1. KEMAMPUAN KERANI/CLERICAL
    1. The Clerical Aptitude Test merupakan tiga bagian tes tertulis yang meliputi pemeriksaan nomer, praktik bisnis, tanggal, nama dan pengecekkan alamat.
    2. The Curtis Verbal-Clerical Skill Test – verbal curtis menilai kemampuan verbal, kerani dan mengukur praktik berhitung, memeriksa kecepatan daya tangkap, keakuratan dan pemahaman bacaan.
    3. The General Clearical Test mengukur tiga tipe kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan klerikal-kecepatan dan ketelitian klerikal, kemampuan numerik dan kemampuan verbal.
    4. The Hay Aptitude Test Baterry merupakan batere yang mengukur jumlah daya tangkap, penemuan nama, jumlah seri penyesuaian dan peramalan bakat untuk beragam posisi.
    5. The Office Skills Test mengukur kemampuan klerical pada saat pelamar masuk dan berisi 12 subtes-pemeriksaan, pengkodean, pengisian, penyelesaian formulir, tata bahasa, kemampuan numerik, perintah oral, tanda baca, pemahaman bacaan, ejaan, pengetikan, dan kosakata.
    6. The Personnel Research Intitute Clerical Batteri- alfabet, pemahaman aritmatika, klasifikasi, pengisian, perbandingan nama, jumlah perbandingan.
    7. The PSI Basic Skills Test untuk bisnis, industri dan pemerintahan berisi sejumlah tes- mengklasifikasikan: daya ingat, pemecahan, perhitungan, pengambilan keputusan, pengisian nama, pengisian nomor,mengikuti perintah oral.
    8. The SRA Clerical Aptitude Test mengukur bakat umum yang penting untuk pekerjaan klerikal melalui tiga tes tertulis pada kosakata perkantoran, aritmatika kantor dan pemeriksaan kantor.
    9. Tes USES Clerical Skills Tes mengukur tipe G kemampuan klerikal-pengetikan dan kopian biasa, pendektean, ejaan, pengetikan statistik dan ejaan istilah kedokteran.
    10. KEMAMPUAN MEKANIK
      1. The Machanical Aptitude Test untuk siswa sekolah menengah dan orang dewasa selama 45 menit, yang mengukur pemahaman tugas mekanik.
      2. SRA Mechanical Aptitude Test untuk siswa sekolah dan orang dewasa selama  35  menit yang mengukur pengetahuan mekanik, hubungan ruang, dan pekerjaan aritmatik.
      3. The SRA Test of Mechanical Concepts adalah tes untuk orang dewasa selama 35-40 menit yang mengukur kemampuan indivbidu untuk memvisualisasikan dan memahami mekanik dasar dan hubungan ruang timbak-balik.
  2.  KEMAMPUAN PSIKOMOTOR
    1. The Crawford Small Parts Dextery Test (CSPDT) didesein untuk mengukur koordonasi tangan-mata yang baik dan digunakan dalam menyeleksi pekerjaan.
    2. The Hand-Tool Dexterity Test melibatkan kunci inggris dan obeng dari 12 barang dari kayu yang perlu dirakit.
    3. The Minnesota Manual dexterity Test mengukur kapasitas untuk kecepatan koordinasi sederhana mata-tangan dibutuhkan untuk toko/ruangyang agak nerkemampuan dan pengoperasian.
    4. The Minnesota Rate of Manipulation Test pengukuran kecepatan jari tangan dan dipakai untuk menyeleksi pekerjaan tenaga kerja yang menginginkan pedoman kecepatan.
    5. The 0’Connor Finger Dexterity Test mengukur kecejatan jari dan digunakan untuk mengukur bakat pada pekerjaan perakitan.
    6. The 0’ Connor Tweezer Dexterity Test mengukur koordinasi tangan-mata yang baik dan kemampuan menggunakan peralatan tangan yang bentuknya kecil.
    7. The Purdue Pegboard Test mengukur koordinasi tangan-lengan-jari yang diinginkan untuk tipe bisnis tertentu atau industri.
    8. The Stromberg Dexterity Test mengukur kemampuan manipulasi dalam memilih dengan warna dan dengan urutan.

 

  1. BAKAT ARTISTIK
    1. The Graves Design Judgmentd Test menampilkan 90  set 2 alat dan 3 mesin susunan yang bervariasi dalam unit, keseimbangan, simetri dan aspek penataan estetik.
    2. Meier Art Test adalah persepsi estetis yang menampilkan 4 versi kerja yang sama, masing-masing berbeda terminologi tentang proporsi, kesatuan, bentuk, desain.
    3. The Meier Art Test adalah keputusan seni tentang 100 pasang gambar/lukisan populer karya seni yang terkenal.

 

  1. BAKAT MUSIK
    1. The Kwalwasser Music Talent Test adalah 50 item disampaikan secara oral menyelenggarakan tes tertulis untuk menilai bakat musik siswa kelas 4 sampai perguruan tinggi.
    2. The Musical aptitude Profile adalah tes bakat musik yang menggunakan alat musik biola dan cello untuk dimainkan berdua/pasangan.

 

  1. BAKAT KOMPUTER
    1. The Computer Operator aptitude Battery adalah tes tertulis yang didesain untuk membantu memprediksi kinerja operator komputer.
    2. The Computer Programmer Aptitude Battery (CPAB) merupakan 75 menit tes tertulis untuk orang dewasa.
    3. The Programmer Aptitude Competence Test (PACTS) mengukur kemampuan untuk menulis program komputer yang baik melalui pengalaman simulasi.

 

4.TES KEPRIBADIAN

 

  1. Teknik Verbal

Metode yang meliputi stimulasi verbal dan respon verbal.

  1. Teknik Visual

Stimuli visual ditunjukkan kepada testee yang memberi respon verbal.

  1. Teknik menggambar

Sejumlah tes menggambar yang lazim digunakan telah digunakan untuk memperkirakan kepribadian.

  1. Teknik Manipulatif

Beberapa testee, Khusus anak-anak mengalami kesulitan dalam mengespresikan dirinya dalam memainkan permainan manipulatif seperti wayang, boneka atau tanah liat.

  1. Teknik Objektif

Teknik yang paling populer dan paling luas digunakan untuk mengestimasi kepribadian adalah kuesdionar kepribadian.

 

5.TES KARIER DAN KEPEGAWAIAN

 

  1. Self directed search
  2. Strong interest inventory
  3. Career occupational preference system
  4. Inventori minat yang lain
  5. Penggunaan tes dalam sektor swasta
    1. The bureau of national affairs sureyr memberikan ringkasan yang bak dan kecenderungan dan perusahaan yang menggunakan tes itu lebih dari 80%menggunakannya untuk menyaring pelamar juru tulis kantor.
    2. Tes kepribadian.
    3. The Career Attitude and Strategis inventory adalah cara untuk mengidentifikasi pengaruh dan masalah karier untuk pertimbangan atau pemecahan.
    4. The Comprehensive Ability Battery (CAB) mangandung 20 subtes tertulis yang mengukur faktor tunggal kemampuan utama yang berhubungan dengan kinerja dalam latar industri.
    5. Comprehensive Personality Profile digunakan dalam seleksi pegawai dan situasi perkembangan profesional dan mengukur apakah individu berorientasi pada tugas/orang atau sabar/tak sabar.
    6. The Employee Aptitude Survey Series memiliki jumlah tes seperti pemahaman verbal, pencarian visual, kecepatan visual, dan akurasi dan pemberian alasan simbolik.
    7. The Employers Test and Service Associates menerbitkan tes seperti General Mental Ability (tes kemampuan mental umum) , The Office Arithmetic test (tes arit matika kantor).
    8. The Employment Barrier Identification Scale mengukur kemampuan klien penggangguran untuk mendapatkan atau mempertahankan karyawan.
    9. The Empolyment Reliabilility Inventory adalah tes 81 pertanyaan benar/salah yang mengukur kematangan emosional, sikap berhati-hati, dapat dipercaya.
    10. The Industrial Reading Test mengukur pemahaman  membaca dan digunakan untuk menyeleksi pelamar kerja dan menyaring pegawai dalam masa training untuk program pekerjaan yang aman.
    11. The Job Effectiveness Prediction System meliputi tes seperti persandian dan perubahan, perbandingan dan pengecekan, kearsipan, penggunaan bahasa, kemampuan matematik, kemampuan bilangan, pemahaman bacaan.
    12. The Personnel Test for Industry (PTI) mengukur kemampuan umum dalam bidang verbal dan digunakan dalamseleksi pekerja yang memerlukan kopetensi dalam bidang ini.
    13. The Wesman Personnel Classification Test mengukur kemampuan verbal dan numerik yang umum dan digunakan dalam seleksi pekerjaan dan seleksi pegawai pada posisi administrasi/juru tulis.
    14. The Wonderlic Perssonel Test mengukur pertimbangan verbal, spasial, dan numerik yang umum dan digunakan untuk tujuan seleksi dan penempatan dan untuk memprediksi penyesuaian pada pekerjaan.

 

  1. 6.      TES PRESTASI/ACHIEVEMENT
    1. Survey Achievement Test
      1. California Achievement Test (CAT)
      2. The Comprehensive Test of Basic Skills
      3. Metropolitan Achivement Test
      4. National Education Development Service
      5. Sequential  Development service
      6. SRA Achivement Scales
      7. Stanford Achievement Test

 

  1. Criterion Referenced Tests ( tes yang mengacu kriteria)
    1. Criterion referenced test dapat digunakan untuk mengevaluasi kurikulum.
    2. Criterion Test 0.1 Basic Skills adalah yang mengukur kemampuan membaca dan matematika dari siswa kelas 1 samapai 6.
    3. Intrution Objective Exchange (10 x) serangkaian tes bagi guru untuk dipakai mengukur keterampilan dan tujuan tertentu dalam membaca.
    4. Multiscore adalah suatu sistem yang menyediakan penguasaan criterion referenced dari membaca, seni bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pemgetahuan sosial dan keterampilan sosial.

 

  1. State Assessment Tests ( Tes negara bagian/propinsi)

Nasional Assessment of Educational Progres (NAEp), NAEP adalah program nasional untuk mengukur pengetahuan dan sikap dari siswa berumur 9, 13, 17, da 25 samapai 35 tahun.

 

  1. Subject Area Test (SAT) adalah disini meliputi kurikulum umum pada program pendidikan yang meliputi membaca, matematika, IPA, mengeja, bahasa, dan IPS.

 

  1. Individual Achievement Test

 

  1. Basic Achivement skill Individu Screener (BASIS)
  2. Keymath Diagnostic Arithmatic test-Revised (KMDAT).
  3. Peabody Individual Achivement Test (PIAT).).
  4. Wide Range Achievement Test Revised (WRAT-3).
  5. Wechsler Individual Achievement Test (WIAT).
  6. Woodcock-johnson Test of Achievement (WJTA).

 

  1. Authetic and Alternate Assesment ( pengukuran otentik dan alternatif) Adalah pengukuran  autentik dan alternatif pengukuran otentik dan prestasi sekarang menggantikan norm referenced test tradisional yang bergantung pada soal-soal pilihan ganda.

 

  1. Curriculum Based Measurement (CBM)

 

CBM adalah pendekatan lain yang memantau kemajuan siswa dalam bidang akademik.

 

  1. Adult Achievement Test ( tes prestasi orang dewasa).

Untuk mengukur prestasi/penguasaan orang dewasa.

 

  1. Diagnostic Tests

Salah satu tujuan utama dari tes prestasi adalah untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan, Tes diagnosis berdasarkan pada kemampuan dasar dan kopetensi yang dibutuhkan untuk berjasil pada bidang studi yang diberikan atau program pendidikan dan tes tersebut menggunakan beberapa item untuk mengukur suatu keterampilan atau tujuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMAHAMAN INDIVIDU TEKNIK TES

(BC579A)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH :

 

 

  1. TRI AMINI          132010105

 

 

 

 

 

 

 

 

BIMBINGAN KONSELING

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

 

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

 

SALATIGA

 

2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s